Kamis, 07 Juni 2012

Ekspose Publik Motif dan Corak Batik KKR

Motif Batik KKR 
 Inilah rancangan corak dan motif batik KKR yang mewakili unsur keragaman budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Rancangan ini diharapkan dapat dijadikan bahan inventaris aset kebudayaan dan dapat diterima oleh semua pihak, khususnya pemerintah dan masyarakat Kubu Raya.
Ini merupakan hasil kerja yang tergabung dalam tim perancang desain batik KKR, mereka mewakili semua unsur etnis yang ada di Kubu Raya.
Desainer Kalbar, Ukke yang dipercaya dalam merancang batik Kubu Raya saat mempresentasikan hasil desain karya bersama itu mengatakan, tim sempat mengalami bersitegang, namun semua dapat diselesaikan secara bersama  dengan salah satu anggota tim karena adanya persepsi saling silang pendapat dalam merumuskan materi dalam proses finishing, namun semua dapat diselesaikan dengan semangat kebersamaan.
Dalam Ekspose Publik Motif Batik Kubu Raya itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Fauzi Kasim berharap hasil rancangan sebelum disepakati dan dipatenkan dapat kembali didiskusikan untuk mendapatkan masukan dan saran, demi mengakomodir dan memfilter keterwakilan berbagai unsur dari keragaman budaya yang ada untuk menguatkan rancangan itu secara pasti sesuai dengan khas budaya Kubu Raya, agar dapat disepakati dan diterima serta dapat memuaskan semua pihak.
Selama tiga bulan proses perancangan desain batik khas Kubu Raya lebih fokus dikuatkan pada aspek sejarah Kubu Raya, potensi sumber  alam dan keragaman etnis di dalamnya terdapat khas unsur melayu, jawa, madura, dayak dan china. Desain corak batik Kubu Raya yang telah di presentasikan itu dapat disepakati dan diterima secara bersama oleh berbagai pihak, meski diakuinya sulit memadukan semua usulan-usulan, namun dalam proses finishing desain batik rancangan bersam itu diyakini telah mewakili semua aspek yang ada, Proses penyempurnaan desain batik karya bersama khas Kubu Raya itu akhirnya disepakati dan diperkuat dengan masukan serta saran dari tim perumusan.
Kerja tim perancangan dibawah naungan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga sudah maksimal, proses perancangan dalam kurun waktu 3 bulan tentu memberikan atensi yang mampu memperkuat proses perancangan dan finishing rancangan corak batik Kubu Raya yang nantinya akan dipatenkan dan selanjutnya akan diperdakan oleh pemkab Kubu Raya. Harapannya hasil rancangan tersebut dapat dilaunching bersamaan dengan momen ulang tahun Kubu Raya pada tanggal 17 Juli mendatang, dan dapat diperkenalkan kepada khalayak luas sehingga semua pihak dapat mengenal serta menggunakan batik khas kebanggan Kubu Raya.

2 komentar:

  1. kalau batiknya dimasukkan dalam kemasan oleh-oleh Khas Kubu Raya. apa melanggar hak cipta?

    BalasHapus
  2. apa boleh minta file yang high resolutionnya.. untuk di buat banner motif batik kubu raya di sekolah?

    BalasHapus