Kamis, 07 Juni 2012

Terminal Antar Lintas Batas Negara Segera Diresmikan

Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) di Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya sudah hampir rampung pengerjaannya. Ditargetkan sebelum Pemilukada Kalbar 2012 Terminal ini sudah diresmikan sehingga tahun 2012 ini diharapkan terminal ALBN itu sudah bisa beroperasi penuh. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Terminal ALBN itu mencapai Rp 70 miliar. Terminal itu dibangun sejak 2002 yang dilakukan secara multiyears dengan dana sharing dari pusat dan daerah.
Terminal ALBN di Sungai Ambawang selain melayani bus antar negara Pontianak-Kuching juga melayani bus jurusan Sintang, Sanggau, Sekadau, Kapuas Hulu, Melawi, dan Ketapang. Sementara terminal bus di Batulayang akan jadi terminal bus tujuan kawasan Pantai Utara.
Terminal tersebut memiliki hall untuk angkutan kota atau desa beserta ruang kedatangan dan keberangkatannya. Terdapat pula gedung untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) beserta ruang kedatangan dan keberangkatannya.
Terminal itu juga memiliki ruang untuk antar-jemput, kedatangan dan keberangkatan bagi penumpang. Penumpang juga dapat memanfaatkan fasilitas mushola, klinik, lokakarya, toilet, menara air, kolam ikan, dan loker.
Kedepannya, Terminal ini tentunya akan menjadi kebanggan bagi masyarakat Kalbar pada umumnya dan masyarakat Kubu Raya pada khususnya, mengingat fasilitas yang terdapat didalamnya. Harapan kita tentu saja masyarakat secara bersama-sama ikut memelihara fasilitas-fasilitas yang ada di Terminal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar