Kamis, 07 Juni 2012

Festival Layar Meretas

Festival Layar Meretas
 Festival Layar Meretas yang telah dilaksanakan di Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya 6-8 April 2012 kemarin terlaksana dengan sukses, festival tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi di Kubu Raya, mengingat para peserta berasal dari 9 kecamatan se-Kubu Raya.
Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Camat Sungai Raya dan tepian Sungai Kapuas yang berpusat di Gang Besar, Dusun Arang Jaya, Desa Arang Limbung ini menampilkan berbagai macam kegiatan diantaranya tolak bala’, lomba sampan, lomba shalawat badar, lomba lagu daerah serta pagelaran seni lintas budaya dari 7 macam etnis di Kabupaten Kubu Raya.

Pagelaran seni lintas budaya ini menampilkan tarian-tarian diantaranya etnis Madura, Melayu, Bugis, Dayak, Tionghua, Jawa.
Layar Meretas diambil sebagai tema kegiatan karena merupakan ciri khas batik buatan Kabupaten Kubu Raya. Sehingga ini bisa menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kubu Raya.
Selain itu, dengan festival ini diharapkan masyarakat dari luar Kubu Raya lebih mengenal budaya dan adat istiadat di Kubu Raya serta batik asli yang dimiliki oleh Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini.
Saat ini integritas bangsa sedang menghadapi berbagai macam persoalan yang berat, kecintaan dan penghargaan terhadap saudara sebangsa semakin terkikis, begitupun terhadap warisan yang tidak ternilai, yaitu warisan kebudayaan dan kesenian yang semakin terpinggirkan oleh pengaruh modernisasi dan globalisasi.
Bahkan yang sangat ironis banyak diantara kita yang kurang peduli kepada budaya dan kesenian bangsanya sendiri. Sehingga kegiatan Festival Layar Meretas, untuk membangun dan menjalin silaturrahmi serta persaudaraan sesama anak bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pendekatan kebudayaan dan kesenian khususnya di Kabupaten Kubu Raya.
Serta bertujuan untuk melestarikan serta menumbuh kembangkan kecintaan terhadap warisan sejarah, budaya, seni dan kuliner nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar